Visitor


MicroSD 64 G MURAH!

Photobucket

Catatan Khusus

Waspada Demam Berdarah atau DBD

 
Demam Berdarah Dengue atau DBD biasa menyerang saat musim penghujan. Terlebih negara kita termasuk negara beriklim tropis yang merupakan tempat hidup favorit bagi nyamuk. Demam ini bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani. Khususnya, anak-anak seringkali menjadi sasaran dari gigitan nyamuk yang menyebabkan penyakit ini. Sebagai orangtua, sebaiknya berusaha mencegah agar anak dan seluruh anggota keluarga agar terhindar dari penyakit ini. Juga perlu bersikap sigap jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala penyakit demam berdarah. Bekali diri Anda dengan informasi seputar penyakit ini agar dapat membantu akibat negatif dari penyakit demam berdarah dengue.

Nyamuk Aedes Aegypti

Wabah demam berdarah yang menarik perhatian dunia pertama kali muncul di Manila pada tahun 1954. Sebagian besar kasus demam berdarah terjadi di negara yang terletak pada daerah tropis dan subtropis. Hal ini tidak mengherankan karena nyamuk suka dengan lingkungan yang hangat untuk hidup.
Nyamuk Aedes aegypti merupakan pembawa virus dari penyakit Demam Berdarah. Cara penyebarannya melalui nyamuk yang menggigit seseorang yang sudah terinfeksi virus demam berdarah. Virus ini akan terbawa dalam kelenjar ludah si nyamuk. Kemudian nyamuk ini menggigit orang sehat. Bersamaan dengan terhisapnya darah dari orang yang sehat, virus demam berdarah juga berpindah ke orang tersebut dan menyebabkan orang sehat tadi terinfeksi virus demam berdarah.
Nyamuk demam berdarah ini memiliki siklus hidup yang berbeda dari nyamuk biasa. Nyamuk ini aktif dari pagi sampai sekitar jam 3 sore untuk menghisap darah yang juga berarti dapat menyebarkan virus demam berdarah. Sedangkan pada malam hari, nyamuk ini tidur. Maka, berhati-hatilah terhadap gigitan nyamuk pada siang hari dan cegah nyamuk ini menggigit anak yang sedang tidur siang.
Kebiasaan dari nyamuk ini adalah dia senang berada di genangan air bersih dan di daerah yang banyak pohon seperti di taman atau kebun. Genangan air pada pot bunga mungkin menjadi salah satu tempat favorit nyamuk yang dapat terlupakan oleh Anda.

Gejala Demam Berdarah

Seseorang yang terinfeksi virus Demam Berdarah Dengue (DBD), umumnya menunjukkan gejala-gejala berikut:
  • Demam tinggi terus menerus. Suhu badan sekitar 39 - 40 derajat Celcius. Hal ini menyebabkan sakit kepala pada penderita.
  • Demam tanpa disertai batuk-batuk.
  • Sakit perut atau mual.
  • Badan terasa pegal atau nyeri pada persendian.
  • Muncul bintik-bintik merah, tetapi hal ini tidak selalu terjadi pada setiap kasus.
    Jika ada anggota keluarga Anda menunjukkan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat pengobatan. Jangan biarkan demam terlalu lama karena dapat mengakibatkan terlambat untuk ditolong. Untuk lebih pastinya, Anda dapat melakukan cek darah.

    Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Ada 4 tipe dari penyakit Demam Berdarah. Jadi, seseorang yang sudah pernah terkena penyakit demam berdarah, tidak berarti dia tidak akan terkena penyakit ini lagi karena ada 3 tipe lainnya yang dapat menyebabkan DBD juga.
    Saat terkena DBD, seseorang akan mengalami 3 fase. Yang pertama adalah fase demam selama 3 hari pertama. Berlanjut pada 3 hari selanjutnya yang merupakan fase kritis. Pada fase ini, demam sudah tidak terjadi, tetapi di fase inilah harus waspada agar tidak terkecoh dengan menganggap sudah sembuh dan tidak diberi pengobatan. Tiga hari selanjutnya adalah fase penyembuhan.
    Salah satu bahaya dari demam berdarah adalah menganggap demam yang dialami sebagai demam biasa sehingga dianggap ringan dan tidak mendapat perawatan khusus. Apalagi, pada fase kedua, biasanya demam sudah turun sehingga dianggap sudah sembuh.

    Pengobatan DBD

    Tidak ada obat khusus untuk menyembuhkan Demam Berdarah. Maka, hal yang dapat dilakukan untuk membantu kesembuhan orang yang terkena penyakit ini adalah:
    • Berikan obat penurun panas atau parasetamol.
    • Kompres agar panas tidak terlalu tinggi. Kompres sebaiknya dilakukan dengan air hangat, bukan dengan air dingin atau es. Air dingin dapat menyebabkan penderita menggigil sehingga tubuh menjadi panas.
    • Minum air putih yang banyak. Penderita DBD biasanya akan kekurangan cairan, maka air putih sangat baik untuk mereka. Air putih juga dapat membantu menurunkan panas. Selain air putih, bisa juga berikan cairan oralit untuk membantu penyembuhan.
    • Makanan yang bergizi. Sebenarnya tidak ada pantangan makanan untuk penderita DBD. Berikan makan bergizi agar tubuh menjadi kuat dan dapat melawan virus DBD. Buah-buahan dan sayuran dapat sangat bermanfaat untuk pemulihan.
    • Minum air daun jambu dan angkak dapat membantu menaikkan trombosit.
      Perawatan bisa dilakukan di rumah jika kondisi penderita tidak buruk dan diperbolehkan oleh dokter. Tetapi, butuh ketelitian dalam merawatnya. Anda juga harus terus berkonsultasi dengan dokter dan melakukan periksa darah setiap hari untuk mengetahui kondisinya. Dirawat di rumah sakit dapat menjadi pilihan jika Anda merasa hal itu lebih aman karena tindakan medis bisa segara diambil jika kondisi pasien menurun juga dimungkinkan diberikan infus untuk menambah cairan pasien.
      Hal-hal yang membahayakan dari penyakit DBD karena infeksi virus ini dapat menyebabkan trombosit darah turun menjadi sangat rendah. Yang kemudian akan menyebabkan pembuluh darah menjadi kempis, cairan bocor sehingga darah masuk ke rongga-rongga tubuh dan menyebabkan pendarahan pada telinga, hidung, atau kulit yang dapat mengakibatkan kematian.

      Pencegahan DBD
      Hal yang terbaik adalah mencegah agar tidak ada anggota keluarga yang terkena DBD. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegahnya yaitu:
      • Mencegah perkembangbiakan nyamuk ada di sekitar kita. Anda dapat melakukan gerakan 3M yaitu Menutup tempat penyimpanan air, Menguras bak mandi dan Mengubur barang-barang yang tidak terpakai. Larva nyamuk akan berkembang di genangan air dalam waktu sekitar seminggu. Untuk itu, perlu dicegah kemungkinan benda-benda yang merupakan tempat berkembangnya larva ini seperti pot bunga, kaleng bekas, ban bekas atau barang lainnya yang menampung genangan air, khususnya pada musim penghujan dimana tempat-tempat tersebut dapat menjadi genangan dari air hujan yang turun.
      • Cegah agar jangan digigit nyamuk, misalnya dengan cara menggunakan lotion atau obat pengusir nyamuk.
      • Mennggunakan bubuk Abate pada selokan dan penampungan air agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk.
      • Jaga kondisi tetap sehat. Kondisi badan yang kuat, membantu tubuh untuk menangkal virus yang masuk sehingga walau terkena gigitan nyamuk, virus tidak akan berkembang.
        Demam Berdarah tidak dapat dianggap sebagai penyakit ringan. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Maka, tindakan pencegahan dan selalu waspada terhadap penyakit ini dapat melindungi orang-orang yang Anda kasihi dari bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD.

        Komentar :

        ada 0 komentar ke “Waspada Demam Berdarah atau DBD”

        Posting Komentar

        Terimakasih untuk komentarnya

        DAFTAR ISI

        1. INFORMASI : Fakta Unik Bersin Batuk Cengukan Mendengkur dan Menguap
        2. GADGET: Fakta Unik Tentang Internet
        3. GADGET: 10 Fakta Unik Tentang Ponsel
        4. INFORMASI: Tips Melatih Otak Kanan
        5. INFORMASI: Memberantas Kecoa
        6. KESEHATAN: Tulang sehat bebas osteoporosis
        7. INFORMASI: Apa yang terjadi saat kita tidur?
        8. GADGET :Tips memilih smartphone atau PDA phone
        9. INFORMASI : Kode Pos Area Batam
        10. INFORMASI : Alpukat Buah Serba Guna Kaya Manfaat
        11. INFORMASI : Tes DNA Apakah Akurat ?
        12. KESEHATAN : Waspada Demam Berdarah
        13. KESEHATAN : Kenali Penyakit Paru Paru
        14. KESEHATAN : Kanker Serviks Pembunuh Banyak Wanita
        15. INFORMASI : Ayo Kita Bersepeda
        16. KESEHATAN : Tak Perlu Obat Untuk Redakan Sakit Kepala
        17. INFORMASI : 5 Minuman Segar Peramping Perut
        18. KESEHATAN : Sarapan Ideal Demi Tubuh Langsing
        19. INFORMASI : Wajib Tahu Sebelum Menyimpan Makanan di Kulkas
        20. INFORMASI : Ingin Hamil ? Kedokter Gigi Aja
        21. INFOEMASI : Ditemukan Asteroid Trojan Mengikuti Bumi
        22. INFORMASI : Awas Peralatan Dapur Dapat Membunuh
        23. INFORMASI : TV Berwarna Dapat Mempengaruhi Mimpi
        24. KOMPUTER : Cara Install Windows XP
        25. HUMOR : Kumpulan Lelucon Part 1
        26. GADGET : Etika Dunia Maya
        27. GADGET : Tips Mempercepat Koneksi Modem
        28. KOMPUTER : Instalasi Windows XP Dengan USB
        29. KOMPUTER : Windows XP Starup Lebih Cepat
        30. GADGET : Merubah Symbian Menjadi Android
        31. HUMOR : Kumpulan Humor Segar
        32. GADGET : Buat HP mu Aman Dari Maling
        33. GADGET : 5 Tips Update Status Online
        34. KOMPUTER : Syarat Sebuah Blog Google Friendly
        35. GADGET : Apa Itu Android ?
        36. GADGET : Fungsikan Android Sebagai Hotspot
        37. INFORMASI : Restoran ini Sajikan Hidangan Virtual
        38. KOMPUTER : Cara Mengetahui Identitas Pengirim Email
        39. KOMPUTER : Permasalahan Komputer PC
        40. UNIK: Anak Tergemuk Didunia Tak Bisa Berhenti Makan
        41. KESEHATAN : Obesitas Berdampak Pada Pemanasan Global
        42. UNIK : Lagi Lagi Pria Hamil
        43. INFORMASI : Hati Hati Kebosanan Bisa Bikin Mati
        44. KESEHATAN : Bahayanya Jika tubuh tak berkeringat
        45. KESEHATAN : 6 Penyebab Anak Menderita Obesitas
        46. INFORMASI : Kiat Makan BUah Yang Benar Dan Sehat
        47. INFORMASI : Bermusuhan Dengan Lemak Jangan Lakukan
        48. INFORMASI : Lemak manusia Dijual Untuk Komestik
        49. INFORMASI : Deteksi Umur Lewat Mata
        50. KESEHATAN : 6 Penyebab Utama Serangan Jantung
        51. INFORMASI : Manfaat Kopi dan Teh
        52. INFORMASI : Anda Sering Alergi ? Hati Hati Mungkin.....
        53. INFORMASI : Sakit Jantung Minum Susu Coklat Aja
        54. INFORMASI : Mengapa Perut Berbunyi Saat Lapar ?
        55. INFORMASI : 1 jam Mendengar MP3 Bisa Menyebabkan Tuli
        56. INFORMASI : Bahaya Tirai Kamar Mandi
        57. INFORMASI : Yuk Kurangi Konsumsi Daging
        58. INFORMASI : Akhirnya Ketemu Vaksin HIV
        59. INFORMASI : Gorengan Sebaiknya Jangan Dimakan
        60. KESEHATAN : Berhenti Merokok Cegah Flu Babi
        61. INFORMASI : Usir Flu babi Dengan Terompet
        62. INFORMASI : Jangan Lakukan ini Saat Tidur
        63. INFORMASI : Cuaca Cerah Bikin Otak Lebih Tajam
        64. INFORMASI : Awas Polusi Udara Bikin IQ Anak Rendah
        65. INFORMASI : MOrning Sickness Bikin Bayi Cerdas
        66. INFORMASI : Memar Jangan Dipijat
        67. INFORMASI : Mata Kedutan Bertanda
        68. INFORMASI : Ternyata Naymuk Suka Bau Keringat
        69. INFORMASI : Alasan Nyamuk Tertarik Dengan Anda
        70. INFORMASI : Nyanyian Cinta Nyamuk
        71. UNIK : BAYI langka Kembar Hitam Putih
        72. INFORMASI : Rambut Rontok Mengapa ?
        73. INFORMASI : Nonton 3 D kok PUsing ?
        74. INFORMASI : 8 Misteri Otak
        75. INFORMASI : Apa Yang Terjadi Saat Mata Berkedip
        76. GADGET : Berlibur Kesingapura ? Unduh Aplikasi Android ini
        77. GADGET : Tips Membeli Tablet PC
        78. GADGET : Mengenal Singkat Tablet PC
        79. GADGET : Memaksimalkan Fungsi Tablet PC
        80. KESEHATAN : 6 Tips Sehat Yang Sering Diabaikan
        81. KESEHATAN : Perubahan Hidup Yang Menjadikan Umur Panjang
        82. KESEHATAN : Cara Ampuh Menyingkirkan FLU
        83. INFORMASI : Termotivasi Sepanjang Hari ? Ini Rahasianya!
        84. INFORMASI : Sehat Setiap Saat? lakukan 8 Hal ini
        85. KESEHATAN : Ingin Kurus ? Tidur Solusinya
        86. KESEHATAN : Melenyapkan Bau Badan Ini Solusinya
        87. GADGET : 9 langkah Mengurangi Radiasi Handphone
        88. KESEHATAN : Mengenal Hipertensi
        89. INFORMASI : 7 Cara Menjadikan Makanan Cepat Saji Lebih Sehat
        90. INFORMASI : Mematahkan Kecanduan Junk Food
        91. INFORMASI : Mengatasi Mabuk Udara
        92. INFORMASI : Kiat Membeli Ikan dan Seafood Yang Segar
        93. KESEHATAN : Solusi Ampuh Bagi Yang Susah Tidur
        94. INFORMASI : 8 Manfaat Lemon
        95. KESEHATAN : Fakta Mengejutkan Dari Tubuh Setelah Berhenti Merokok
        96. INFORMASI : 9 Cara Kenyang Lebih Lama
        97. KESEHATAN : Cara Mengurangi Gula Dari Diet Anda
        98. KESEHATAN : 7 Cara Melindungi Telinga dan Pendengaran Anda
        99. KESEHATAN : Menghilangkan Selulit Dengan Kopi
        100. INFORMASI : Cara Menjaga Suara Indah Anda
        101. INFORMASI : Memaafkan Seseorang Mebuat Anda Sehat
        102. KESEHATAN : Tips Mencegah Anemia
        103. KESEHATAN : Tips Menurunkan Berat Badan Dan Mempertahankannya
        104. INFORMASI : Pijat Wajah Biar Awet Muda
        105. KESEHATAN : Menurunkan Hipertensi Tanpa Obat
        106. KESEHATAN : makin Hijau Makin Sehat
        107. KESEHATAN : Gemuk Tapi Tetap Sehat itu Tidak Realistis
        108. KESEHATAN : Mengenal Hipertensi
        109. KESEHATAN : Hal Sederhana Mengubah Pola Makan Anda
        110. KESEHATAN : Berenag Untuk Menghindari Resiko Batu Empedu
        111. KESEHATAN : Berapa Banyak Garam Yang Anda Konsumsi Perhari
        112. KESEHATAN : Biar Umur Panjang Minum Susu Yuk!
        113. INFORMASI : 7 Cara Meningkatkan Konsentrasi
        114. KESEHATAN : Hadapi Penyakit Jantung Dengan 7 Cara ini
        115. KESEHATAN : 7 Tips Agar Anda Tidak Mendengkur
        116. KESEHATAN : Cara Menghindari Makan Di Waktu Malam
        117. KESEHATAN : Tips Menjalani Kehamilan Yang Sehat Dan Bahagia
        118. KESEHATAN : Agar Ginjal Anda Tetap Sehat
        119. INFORMASI : Mata Perih Didepan Komputer
        120. KESEHATAN : 7 Perawatan Mata Yang Perlu Anda Ketahui
        121. INFORMASI : 7 Cara Menghadapi Bos Yang Bikin Stress
        122. INFORMASI : 10 rahasia Makanan Yang Perlu Anda Tahu
        123. KESEHATAN : Ganja Dapat Menyebabkan Gangguan Jiwa
        124. INFORMASI : Berhentilah Membenci Diri Sendiri
        125. KESEHATAN : Sedot Lemak, Menimbulkan Lemak DiTempat Lain
        126. KESEHATAN : Sehat Setiap Saat? Lakukan 8 Hal Ini
        127. KESEHATAN : Berkeringat Membuat Anda Pintar Lho
        128. KESEHATAN : Cara Mengatasi Mimisan
        129. INFORMASI : Manfaat Bunga Kenanga
        130. KESEHATAN : 4 Tips Menurunkan Berat Badan
        131. KESEHATAN : Dahsyatnya Manfaat Air Putih
        132. KESEHATAN : Apa Sebabnya Feses Berwarna Hitam
        133. INFORMASI : Mau Tahu Tehnik Menimbang Badan Yang Tepat
        134. KESEHATAN : Jangan Remehkan Menyikat Gigi
        135. KESEHATAN : Asap Rokok Sebagai Sinyal Kematian
        136. UNIK : Sebuah Keluarga Berjalan Dengan Tangan Dan Kaki
        137. UNIK : Sikembar Siam Kepala Dua Bertunangan
        138. RESEP : Kue Lumpur Kentang
        139. RESEP : Kue Bingka Kentang
        140. UNIK : Otot Leher Dapat Diputar 180'
        141. INFORMASI : Bahan Teflon Berbahaya ?
        142. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Hewan Ini?
        143. RESEP : Sayur Asam Jakarta
        144. RESEP : Bandeng Bumbu Bali
        145. GADGET : Menganti Sim Card Di Blackberry
        146. KOMPUTER : 7 Tip Sederhana Merawat PC
        147. KESEHATAN : Asi Mengandung Morfin Tewaskan Bayi
        148. INFORMASI : Mitos Seafood Yang Perlu Anda Ketahui
        149. KESEHATAN : Mencegah Obesitas
        150. KESEHATAN : Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air
        151. INFORMASI : Mengapa Langit Berwarna Biru ?
        152. KESEHATAN : Manfaat Minum Kopi
        153. KESEHATAN : Manfaat Buah Apel
        154. INFORMASI : Beberapa Fakta Tentang Mimpi
        155. UNIK : Hewan Aneh Dan Misterius Di Dunia
        156. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Fakta Ilmiah Ini ?
        157. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Bumi Kita ?
        158. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Tulang Manusia ?
        159. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Makanan Ini?
        160. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Tubuh Manusia ?
        161. UNIK : Sayuran dan Buah Terbesar Di Dunia
        162. TIP & TRIK : Manfaat Kulit Jeruk
        163. KOMPUTER : Windows Dari Masa Ke Masa
        164. INFORMASI : Alat Kedokteran Zaman Dulu
        165. KOMPUTER : Sejarah Internet
        166. INFORMASI : Mengapa Orang Yahudi Rata-rata Pintar ?
        167. INFORMASI : Mengapa Manusia Bisa Mengantuk ?
        168. KESEHATAN : Gejala Tubuh Setelah Kematian
        169. KESEHATAN : Cara Mengobati Sakit Gigi
        170. HUMOR : Kisah Lelaki dan Dewa
        171. HUMOR : Kumpulan Joke
        172. HUMOR : Umur Manusia Hanya Sampai 75 th
        173. UNIK : Ikan Terunik Di Dunia
        174. UNIK : 10 Hewan Terkecil DiDUNIA
        175. TIP & TRIK : Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai
        176. TIP & TRIK : Panduan Mengikat Dasi
        177. TIP & TRIK : Seni Melipat Origami : Pesawat Kertas
        178. TIP & TRIK : Manfaat Tersembunyi Dari Cuka Dan Garam
        179. TIP & TRIK : Cara Membuat Perangkap Nyamuk
        180. KOMPUTER : Rahasia Windows XP
        181. KOMPUTER : Tips Untuk Windows 7
        182. KOMPUTER : Kumpulan Website Untuk Edit Foto
        183. KOMPUTER : Cara Mempercepat Buffering Video Tanpa Software
        184. KOMPUTER : Ciri ciri Komputer Terjangkit Virus
        185. KOMPUTER : TEHNIK Pencarian di GOOGLE
        186. KOMPUTER : Cara Menginstall Windows XP
        187. TIP & TRIK : Manfaat Buah Naga
        188. KESEHATAN : Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat
        189. KESEHATAN : Tip Menghilangkan Jerawat
        190. INSPIRASI : Kisah Hidup Pendiri Honda
        191. TIP & TRIK : Perbedaan Antara Pintar Cerdas Kreatif
        192. INFORMASI : Kode Telepon wilayah di Indonesia
        193. INFORMASI : Kode Kendaraan Bermotor di Indonesia
        194. KOMPUTER : Istilah di Internet
        195. KESEHATAN : Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak
        196. INFORMASI : Kepribadian Manusia dilihat dari Status Facebook
        197. KESEHATAN : Hindari Makanan Penyebab Gemuk
        198. KESEHATAN : Cara Mengatasi Biang Keringat
        199. KESEHATAN : Cara Mengobati Gondongan
        200. INFORMASI : 100 Blog Top 2008
        201. INFORMASI : 100 Website Yang Sering Dikunjungi
        202. GADGET : Mencegah Notebook terbakar
        203. GADGET : Ada Rahasia Tersembunyi DiHP Anda
        204. GADGET : Berbagai Tehnik Photografi
        205. GADGET : Kode Rahasia Handphone
        206. GADGET : 20 Tip & Trik FACEBOOK
        207. GADGET : Android Ice Cream
        208. GADGET : Tablet PC Olive Pad 7"
        209. UNIK : Pernikahan Teraneh di DUNIA
        210. UNIK : 5 Tumbuhan Paling Berkhasiat
        211. UNIK : 5 Kekuatan Paling Extrim di DUNIA
        212. UNIK : Makanan Paling Menjijikan di DUNIA
        213. INFORMASI : Bahaya Closet Duduk Top News!!
        214. INFORMASI : Membedakan Madu Asli atau Palsu
        215. INFORMASI : Bereksperimen dengan TEH
        216. INFORMASI : Membedakan Berlian Asli dan Palsu
        217. HUMOR : Jembatan Surga dan Neraka
        218. HUMOR : Jam DiSorga
        219. INFORMASI : Makna warna dibalik tanggal lahir
        220. KESEHATAN : Tips dan Obat untuk VERTIGO Top News!!
        221. KESEHATAN : Bahaya daging Kodok
        222. KESEHATAN : Mengenali Gejala Stroke
        223. KESEHATAN : Hati hati makan kulit Apel
        224. KESEHATAN : Cara mencegah pencucian ginjal
        225. KESEHATAN : Penemuan terbaru mengenai kanker hati
        226. KESEHATAN : Kiat Diet Sukses
        227. KESEHATAN : 6 Cara Melatih Mata
        228. KESEHATAN : Olah Raga untuk Otak
        229. KESEHATAN : Melatih Otak Berpikir Cepat
        230. INFORMASI : Kisah sebotol minyak tanah
        231. INFORMASI : Beban Berat
        232. INFORMASI : Kisah 3 Buah Pohon
        233. INFORMASI : Mother
        234. INFORMASI : Aku berhenti saja
        235. INFORMASI : Eksekutif Gaji 8,8 M bangkrut
        236. INFORMASI : Menjual Keperawanan
        237. INFORMASI : Kejahatan Tissue basah
        238. INFORMASI : Klakson yang menyelamatkan
        239. INFORMASI : Kec-Kel diBatam


        Photobucket
        Suka dengan Gadget? Belum Lengkap kalau belum baca yang satu ini
        .

        Photobucket
        Kesehatan adalah harta yang paling berharga, cari tahu tentang info kesehatan disini

        Photobucket
        Nah... yang satu ini memang Unik, Langka dan Antik baca yuk!

         
        This Blog is proudly powered by Blogger.com