Visitor


MicroSD 64 G MURAH!

Photobucket

Catatan Khusus

Kanker Serviks Pembunuh Banyak Wanita

 
Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan kanker yang menyerang kaum wanita dan jumlah penderitanya meningkat beberapa tahun belakangan. Dari seluruh penderita kanker di Indonesia, sepertiganya adalah penderita kanker serviks. Kanker ini memang merupakan pembunuh wanita yang menakutkan. Memperoleh informasi tentang kanker ini dapat membantu lebih banyak wanita terhindar dari salah satu penyakit paling mematikan ini. 

Kanker Serviks
Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi kaum wanita. Setiap satu jam, satu wanita meninggal di Indonesia karena kanker serviks atau kanker leher rahim ini. Fakta menunjukkan bahwa jutaan wanita di dunia terinfeksi HPV, yang dianggap penyakit lewat hubungan seks yang paling umum di dunia.
Di Indonesia, setiap satu jam, satu wanita meninggal karena kanker serviks
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi ini merupakan faktor risiko utama kanker leher rahim. Setiap tahun, ratusan ribu kasus HPV terdiagnosis di dunia dan ribuan wanita meninggal karena kanker serviks, yang disebabkan oleh infeksi itu. Mengingat fakta yang mengerikan ini, maka berbagai tindakan pencegahan dan pengobatan telah dibuat untuk mengatasi kanker serviks atau kanker leher rahim.
Kanker serviks atau kanker leher rahim terjadi di bagian organ reproduksi seorang wanita. Leher rahim adalah bagian yang sempit di sebelah bawah antara vagina dan rahim seorang wanita. Di bagian inilah tempat terjadi dan tumbuhnya kanker serviks. Apa penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim? Bagaimana cara pencegahannya? Serta bagaimana cara mengatasinya jika sudah terinfeksi HPV?

HPV
Kanker serviks disebabkan infeksi virus HPV (human papillomavirus) atau virus papiloma manusia. HPV menimbulkan kutil pada pria maupun wanita, termasuk kutil pada kelamin, yang disebut kondiloma akuminatum. Hanya beberapa saja dari ratusan varian HPV yang dapat menyebabkan kanker. Kanker serviks atau kanker leher rahim bisa terjadi jika terjadi infeksi yang tidak sembuh-sembuh untuk waktu lama. Sebaliknya, kebanyakan infeksi HPV akan hilang sendiri, teratasi oleh sistem kekebalan tubuh.

Penyebab dan Gejala Kanker Serviks
Kanker serviks menyerang daerah leher rahim atau serviks yang disebabkan infeksi virus HPV (human papillomavirus) yang tidak sembuh dalam waktu lama. Jika kekebalan tubuh berkurang, maka infeksi HPV akan mengganas dan bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks. Gejalanya tidak terlalu kelihatan pada stadium dini, itulah sebabnya kanker serviks yang dimulai dari infeksi HPV dianggap sebagai "The Silent Killer".
Beberapa gejala bisa diamati meski tidak selalu menjadi petunjuk infeksi HPV. Keputihan atau mengeluarkan sedikit darah setelah melakukan hubungan intim adalah sedikit tanda gejala dari kanker ini. Selain itu, adanya cairan kekuningan yang berbau di area genital juga bisa menjadi petunjuk infeksi HPV. Virus ini dapat menular dari seorang penderita kepada orang lain dan menginfeksi orang tersebut. Penularannya dapat melalui kontak langsung dan karena hubungan seks.
Ketika terdapat virus ini pada tangan seseorang, lalu menyentuh daerah genital, virus ini akan berpindah dan dapat menginfeksi daerah serviks atau leher rahim Anda. Cara penularan lain adalah di closet pada WC umum yang sudah terkontaminasi virus ini. Seorang penderita kanker ini mungkin menggunakan closet, virus HPV yang terdapat pada penderita berpindah ke closet. Bila Anda menggunakannya tanpa membersihkannya, bisa saja virus kemudian berpindah ke daerah genital Anda.
Buruknya gaya hidup seseorang dapat menjadi penunjang meningkatnya jumlah penderita kanker ini. Kebiasaan merokok, kurang mengkonsumsi vitamin C, vitamin E dan asam folat dapat menjadi penyebabnya. Jika mengkonsumsi makanan bergizi akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan dapat mengusir virus HPV.
Risiko menderita kanker serviks adalah wanita yang aktif berhubungan seks sejak usia sangat dini, yang sering berganti pasangan seks, atau yang berhubungan seks dengan pria yang suka berganti pasangan. Faktor penyebab lainnya adalah menggunakan pil KB dalam jangka waktu lama atau berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit kanker.
Sering kali, pria yang tidak menunjukkan gejala terinfeksi HPV itulah yang menularkannya kepada pasangannya. Seorang pria yang melakukan hubungan seks dengan seorang wanita yang menderita kanker serviks, akan menjadi media pembawa virus ini. Selanjutnya, saat pria ini melakukan hubungan seks dengan istrinya, virus tadi dapat berpindah kepada istrinya dan menginfeksinya.

Deteksi Kanker Serviks
Bagaimana cara mendeteksi bahwa seorang wanita terinfeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks? Gejala seseorang terinfeksi HPV memang tidak terlihat dan tidak mudah diamati. Cara paling mudah untuk mengetahuinya dengan melakukan pemeriksaan sitologis leher rahim. Pemeriksaan ini saat ini populer dengan nama Pap smear atau Papanicolaou smear yang diambil dari nama dokter Yunani yang menemukan metode ini yaitu George N. Papanicolaou. Namun, ada juga berbagai metode lainnya untuk deteksi dini terhadap infeksi HPV dan kanker serviks seperti berikut: 

IVA 
IVA yaitu singkatan dari Inspeksi Visual dengan Asam asetat. Metode pemeriksaan dengan mengoles serviks atau leher rahim dengan asam asetat. Kemudian diamati apakah ada kelainan seperti area berwarna putih. Jika tidak ada perubahan warna, maka dapat dianggap tidak ada infeksi pada serviks. Anda dapat melakukan di Puskesmas dengan harga relatif murah. Ini dapat dilakukan hanya untuk deteksi dini. Jika terlihat tanda yang mencurigakan, maka metode deteksi lainnya yang lebih lanjut harus dilakukan.

Pap smear
Metode tes Pap smear yang umum yaitu dokter menggunakan pengerik atau sikat untuk mengambil sedikit sampel sel-sel serviks atau leher rahim. Kemudian sel-sel tersebut akan dianalisa di laboratorium. Tes itu dapat menyingkapkan apakah ada infeksi, radang, atau sel-sel abnormal. Menurut laporan sedunia, dengan secara teratur melakukan tes Pap smear telah mengurangi jumlah kematian akibat kanker serviks.

Thin prep
Metode Thin prep lebih akurat dibanding Pap smear. Jika Pap smear hanya mengambil sebagian dari sel-sel di serviks atau leher rahim, maka Thin prep akan memeriksa seluruh bagian serviks atau leher rahim. Tentu hasilnya akan jauh lebih akurat dan tepat.

Kolposkopi
Jika semua hasil tes pada metode sebelumnya menunjukkan adanya infeksi atau kejanggalan, prosedur kolposkopi akan dilakukan dengan menggunakan alat yang dilengkapi lensa pembesar untuk mengamati bagian yang terinfeksi. Tujuannya untuk menentukan apakah ada lesi atau jaringan yang tidak normal pada serviks atau leher rahim. Jika ada yang tidak normal, biopsi — pengambilan sejumlah kecil jaringan dari tubuh — dilakukan dan pengobatan untuk kanker serviks segera dimulai.

    Mengobati Kanker Serviks
    Jika terinfeksi HPV, jangan cemas, karena saat ini tersedia berbagai cara pengobatan yang dapat mengendalikan infeksi HPV. Beberapa pengobatan bertujuan mematikan sel-sel yang mengandung virus HPV. Cara lainnya adalah dengan menyingkirkan bagian yang rusak atau terinfeksi dengan pembedahan listrik, pembedahan laser, atau cryosurgery (membuang jaringan abnormal dengan pembekuan).
    Jika kanker serviks sudah sampai ke stadium lanjut, maka akan dilakukan terapi kemoterapi. Pada beberapa kasus yang parah mungkin juga dilakukan histerektomi yaitu operasi pengangkatan rahim atau kandungan secara total. Tujuannya untuk membuang sel-sel kanker serviks yang sudah berkembang pada tubuh.
    Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, bagaimana cara mencegah terinfeksi HPV dan kanker serviks? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker serviks.

    Mencegah Kanker Serviks
    • Meski kanker serviks menakutkan, namun kita semua bisa mencegahnya. Anda dapat melakukan banyak tindakan pencegahan sebelum terinfeksi HPV dan akhirnya menderita kanker serviks. Beberapa cara praktis yang dapat Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
    • Miliki pola makan sehat, yang kaya dengan sayuran, buah dan sereal untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Misalnya mengkonsumsi berbagai karotena, vitamin A, C, dan E, dan asam folat dapat mengurangi risiko terkena kanker leher rahim.
    • Hindari merokok. Banyak bukti menunjukkan penggunaan tembakau dapat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.
    • Hindari seks sebelum menikah atau di usia sangat muda atau belasan tahun.
    • Hindari berhubungan seks selama masa haid terbukti efektif untuk mencegah dan menghambat terbentuknya dan berkembangnya kanker serviks.
    • Hindari berhubungan seks dengan banyak partner.
    • Secara rutin menjalani tes Pap smear secara teratur. Saat ini tes Pap smear bahkan sudah bisa dilakukan di tingkat Puskesmas dengan harga terjangkau.
    • Alternatif tes Pap smear yaitu tes IVA dengan biaya yang lebih murah dari Pap smear. Tujuannya untuk deteksi dini terhadap infeksi HPV.
    • Pemberian vaksin atau vaksinasi HPV untuk mencegah terinfeksi HPV.
    • Melakukan pembersihan organ intim atau dikenal dengan istilah vagina toilet. Ini dapat dilakukan sendiri atau dapat juga dengan bantuan dokter ahli. Tujuannya untuk membersihkan organ intim wanita dari kotoran dan penyakit.

      Hidup Sehat Tanpa Kanker Serviks
      Kanker serviks bisa dicegah dan bisa diobati. Deteksi sejak dini dan rutin melakukan Pap smear akan memperkecil risiko terkena kanker serviks. Ubah gaya hidup Anda dan juga pola makan Anda agar terhindar dari penyakit yang membunuh banyak wanita di dunia ini. Dengan demikian, maka kesehatan serviks atau leher rahim lebih terjamin. Dengan penanganan yang tepat, kanker serviks bukanlah sesuatu yang menakutkan.

      Komentar :

      ada 1
      yusuf mengatakan...
      pada hari 

      Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat Lanjutkan Menulisnya gan ...!

      Posting Komentar

      Terimakasih untuk komentarnya

      DAFTAR ISI

      1. INFORMASI : Fakta Unik Bersin Batuk Cengukan Mendengkur dan Menguap
      2. GADGET: Fakta Unik Tentang Internet
      3. GADGET: 10 Fakta Unik Tentang Ponsel
      4. INFORMASI: Tips Melatih Otak Kanan
      5. INFORMASI: Memberantas Kecoa
      6. KESEHATAN: Tulang sehat bebas osteoporosis
      7. INFORMASI: Apa yang terjadi saat kita tidur?
      8. GADGET :Tips memilih smartphone atau PDA phone
      9. INFORMASI : Kode Pos Area Batam
      10. INFORMASI : Alpukat Buah Serba Guna Kaya Manfaat
      11. INFORMASI : Tes DNA Apakah Akurat ?
      12. KESEHATAN : Waspada Demam Berdarah
      13. KESEHATAN : Kenali Penyakit Paru Paru
      14. KESEHATAN : Kanker Serviks Pembunuh Banyak Wanita
      15. INFORMASI : Ayo Kita Bersepeda
      16. KESEHATAN : Tak Perlu Obat Untuk Redakan Sakit Kepala
      17. INFORMASI : 5 Minuman Segar Peramping Perut
      18. KESEHATAN : Sarapan Ideal Demi Tubuh Langsing
      19. INFORMASI : Wajib Tahu Sebelum Menyimpan Makanan di Kulkas
      20. INFORMASI : Ingin Hamil ? Kedokter Gigi Aja
      21. INFOEMASI : Ditemukan Asteroid Trojan Mengikuti Bumi
      22. INFORMASI : Awas Peralatan Dapur Dapat Membunuh
      23. INFORMASI : TV Berwarna Dapat Mempengaruhi Mimpi
      24. KOMPUTER : Cara Install Windows XP
      25. HUMOR : Kumpulan Lelucon Part 1
      26. GADGET : Etika Dunia Maya
      27. GADGET : Tips Mempercepat Koneksi Modem
      28. KOMPUTER : Instalasi Windows XP Dengan USB
      29. KOMPUTER : Windows XP Starup Lebih Cepat
      30. GADGET : Merubah Symbian Menjadi Android
      31. HUMOR : Kumpulan Humor Segar
      32. GADGET : Buat HP mu Aman Dari Maling
      33. GADGET : 5 Tips Update Status Online
      34. KOMPUTER : Syarat Sebuah Blog Google Friendly
      35. GADGET : Apa Itu Android ?
      36. GADGET : Fungsikan Android Sebagai Hotspot
      37. INFORMASI : Restoran ini Sajikan Hidangan Virtual
      38. KOMPUTER : Cara Mengetahui Identitas Pengirim Email
      39. KOMPUTER : Permasalahan Komputer PC
      40. UNIK: Anak Tergemuk Didunia Tak Bisa Berhenti Makan
      41. KESEHATAN : Obesitas Berdampak Pada Pemanasan Global
      42. UNIK : Lagi Lagi Pria Hamil
      43. INFORMASI : Hati Hati Kebosanan Bisa Bikin Mati
      44. KESEHATAN : Bahayanya Jika tubuh tak berkeringat
      45. KESEHATAN : 6 Penyebab Anak Menderita Obesitas
      46. INFORMASI : Kiat Makan BUah Yang Benar Dan Sehat
      47. INFORMASI : Bermusuhan Dengan Lemak Jangan Lakukan
      48. INFORMASI : Lemak manusia Dijual Untuk Komestik
      49. INFORMASI : Deteksi Umur Lewat Mata
      50. KESEHATAN : 6 Penyebab Utama Serangan Jantung
      51. INFORMASI : Manfaat Kopi dan Teh
      52. INFORMASI : Anda Sering Alergi ? Hati Hati Mungkin.....
      53. INFORMASI : Sakit Jantung Minum Susu Coklat Aja
      54. INFORMASI : Mengapa Perut Berbunyi Saat Lapar ?
      55. INFORMASI : 1 jam Mendengar MP3 Bisa Menyebabkan Tuli
      56. INFORMASI : Bahaya Tirai Kamar Mandi
      57. INFORMASI : Yuk Kurangi Konsumsi Daging
      58. INFORMASI : Akhirnya Ketemu Vaksin HIV
      59. INFORMASI : Gorengan Sebaiknya Jangan Dimakan
      60. KESEHATAN : Berhenti Merokok Cegah Flu Babi
      61. INFORMASI : Usir Flu babi Dengan Terompet
      62. INFORMASI : Jangan Lakukan ini Saat Tidur
      63. INFORMASI : Cuaca Cerah Bikin Otak Lebih Tajam
      64. INFORMASI : Awas Polusi Udara Bikin IQ Anak Rendah
      65. INFORMASI : MOrning Sickness Bikin Bayi Cerdas
      66. INFORMASI : Memar Jangan Dipijat
      67. INFORMASI : Mata Kedutan Bertanda
      68. INFORMASI : Ternyata Naymuk Suka Bau Keringat
      69. INFORMASI : Alasan Nyamuk Tertarik Dengan Anda
      70. INFORMASI : Nyanyian Cinta Nyamuk
      71. UNIK : BAYI langka Kembar Hitam Putih
      72. INFORMASI : Rambut Rontok Mengapa ?
      73. INFORMASI : Nonton 3 D kok PUsing ?
      74. INFORMASI : 8 Misteri Otak
      75. INFORMASI : Apa Yang Terjadi Saat Mata Berkedip
      76. GADGET : Berlibur Kesingapura ? Unduh Aplikasi Android ini
      77. GADGET : Tips Membeli Tablet PC
      78. GADGET : Mengenal Singkat Tablet PC
      79. GADGET : Memaksimalkan Fungsi Tablet PC
      80. KESEHATAN : 6 Tips Sehat Yang Sering Diabaikan
      81. KESEHATAN : Perubahan Hidup Yang Menjadikan Umur Panjang
      82. KESEHATAN : Cara Ampuh Menyingkirkan FLU
      83. INFORMASI : Termotivasi Sepanjang Hari ? Ini Rahasianya!
      84. INFORMASI : Sehat Setiap Saat? lakukan 8 Hal ini
      85. KESEHATAN : Ingin Kurus ? Tidur Solusinya
      86. KESEHATAN : Melenyapkan Bau Badan Ini Solusinya
      87. GADGET : 9 langkah Mengurangi Radiasi Handphone
      88. KESEHATAN : Mengenal Hipertensi
      89. INFORMASI : 7 Cara Menjadikan Makanan Cepat Saji Lebih Sehat
      90. INFORMASI : Mematahkan Kecanduan Junk Food
      91. INFORMASI : Mengatasi Mabuk Udara
      92. INFORMASI : Kiat Membeli Ikan dan Seafood Yang Segar
      93. KESEHATAN : Solusi Ampuh Bagi Yang Susah Tidur
      94. INFORMASI : 8 Manfaat Lemon
      95. KESEHATAN : Fakta Mengejutkan Dari Tubuh Setelah Berhenti Merokok
      96. INFORMASI : 9 Cara Kenyang Lebih Lama
      97. KESEHATAN : Cara Mengurangi Gula Dari Diet Anda
      98. KESEHATAN : 7 Cara Melindungi Telinga dan Pendengaran Anda
      99. KESEHATAN : Menghilangkan Selulit Dengan Kopi
      100. INFORMASI : Cara Menjaga Suara Indah Anda
      101. INFORMASI : Memaafkan Seseorang Mebuat Anda Sehat
      102. KESEHATAN : Tips Mencegah Anemia
      103. KESEHATAN : Tips Menurunkan Berat Badan Dan Mempertahankannya
      104. INFORMASI : Pijat Wajah Biar Awet Muda
      105. KESEHATAN : Menurunkan Hipertensi Tanpa Obat
      106. KESEHATAN : makin Hijau Makin Sehat
      107. KESEHATAN : Gemuk Tapi Tetap Sehat itu Tidak Realistis
      108. KESEHATAN : Mengenal Hipertensi
      109. KESEHATAN : Hal Sederhana Mengubah Pola Makan Anda
      110. KESEHATAN : Berenag Untuk Menghindari Resiko Batu Empedu
      111. KESEHATAN : Berapa Banyak Garam Yang Anda Konsumsi Perhari
      112. KESEHATAN : Biar Umur Panjang Minum Susu Yuk!
      113. INFORMASI : 7 Cara Meningkatkan Konsentrasi
      114. KESEHATAN : Hadapi Penyakit Jantung Dengan 7 Cara ini
      115. KESEHATAN : 7 Tips Agar Anda Tidak Mendengkur
      116. KESEHATAN : Cara Menghindari Makan Di Waktu Malam
      117. KESEHATAN : Tips Menjalani Kehamilan Yang Sehat Dan Bahagia
      118. KESEHATAN : Agar Ginjal Anda Tetap Sehat
      119. INFORMASI : Mata Perih Didepan Komputer
      120. KESEHATAN : 7 Perawatan Mata Yang Perlu Anda Ketahui
      121. INFORMASI : 7 Cara Menghadapi Bos Yang Bikin Stress
      122. INFORMASI : 10 rahasia Makanan Yang Perlu Anda Tahu
      123. KESEHATAN : Ganja Dapat Menyebabkan Gangguan Jiwa
      124. INFORMASI : Berhentilah Membenci Diri Sendiri
      125. KESEHATAN : Sedot Lemak, Menimbulkan Lemak DiTempat Lain
      126. KESEHATAN : Sehat Setiap Saat? Lakukan 8 Hal Ini
      127. KESEHATAN : Berkeringat Membuat Anda Pintar Lho
      128. KESEHATAN : Cara Mengatasi Mimisan
      129. INFORMASI : Manfaat Bunga Kenanga
      130. KESEHATAN : 4 Tips Menurunkan Berat Badan
      131. KESEHATAN : Dahsyatnya Manfaat Air Putih
      132. KESEHATAN : Apa Sebabnya Feses Berwarna Hitam
      133. INFORMASI : Mau Tahu Tehnik Menimbang Badan Yang Tepat
      134. KESEHATAN : Jangan Remehkan Menyikat Gigi
      135. KESEHATAN : Asap Rokok Sebagai Sinyal Kematian
      136. UNIK : Sebuah Keluarga Berjalan Dengan Tangan Dan Kaki
      137. UNIK : Sikembar Siam Kepala Dua Bertunangan
      138. RESEP : Kue Lumpur Kentang
      139. RESEP : Kue Bingka Kentang
      140. UNIK : Otot Leher Dapat Diputar 180'
      141. INFORMASI : Bahan Teflon Berbahaya ?
      142. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Hewan Ini?
      143. RESEP : Sayur Asam Jakarta
      144. RESEP : Bandeng Bumbu Bali
      145. GADGET : Menganti Sim Card Di Blackberry
      146. KOMPUTER : 7 Tip Sederhana Merawat PC
      147. KESEHATAN : Asi Mengandung Morfin Tewaskan Bayi
      148. INFORMASI : Mitos Seafood Yang Perlu Anda Ketahui
      149. KESEHATAN : Mencegah Obesitas
      150. KESEHATAN : Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air
      151. INFORMASI : Mengapa Langit Berwarna Biru ?
      152. KESEHATAN : Manfaat Minum Kopi
      153. KESEHATAN : Manfaat Buah Apel
      154. INFORMASI : Beberapa Fakta Tentang Mimpi
      155. UNIK : Hewan Aneh Dan Misterius Di Dunia
      156. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Fakta Ilmiah Ini ?
      157. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Bumi Kita ?
      158. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Tulang Manusia ?
      159. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Makanan Ini?
      160. INFORMASI : Tahukah Anda Tentang Tubuh Manusia ?
      161. UNIK : Sayuran dan Buah Terbesar Di Dunia
      162. TIP & TRIK : Manfaat Kulit Jeruk
      163. KOMPUTER : Windows Dari Masa Ke Masa
      164. INFORMASI : Alat Kedokteran Zaman Dulu
      165. KOMPUTER : Sejarah Internet
      166. INFORMASI : Mengapa Orang Yahudi Rata-rata Pintar ?
      167. INFORMASI : Mengapa Manusia Bisa Mengantuk ?
      168. KESEHATAN : Gejala Tubuh Setelah Kematian
      169. KESEHATAN : Cara Mengobati Sakit Gigi
      170. HUMOR : Kisah Lelaki dan Dewa
      171. HUMOR : Kumpulan Joke
      172. HUMOR : Umur Manusia Hanya Sampai 75 th
      173. UNIK : Ikan Terunik Di Dunia
      174. UNIK : 10 Hewan Terkecil DiDUNIA
      175. TIP & TRIK : Merawat Mobil Yang Jarang Dipakai
      176. TIP & TRIK : Panduan Mengikat Dasi
      177. TIP & TRIK : Seni Melipat Origami : Pesawat Kertas
      178. TIP & TRIK : Manfaat Tersembunyi Dari Cuka Dan Garam
      179. TIP & TRIK : Cara Membuat Perangkap Nyamuk
      180. KOMPUTER : Rahasia Windows XP
      181. KOMPUTER : Tips Untuk Windows 7
      182. KOMPUTER : Kumpulan Website Untuk Edit Foto
      183. KOMPUTER : Cara Mempercepat Buffering Video Tanpa Software
      184. KOMPUTER : Ciri ciri Komputer Terjangkit Virus
      185. KOMPUTER : TEHNIK Pencarian di GOOGLE
      186. KOMPUTER : Cara Menginstall Windows XP
      187. TIP & TRIK : Manfaat Buah Naga
      188. KESEHATAN : Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat
      189. KESEHATAN : Tip Menghilangkan Jerawat
      190. INSPIRASI : Kisah Hidup Pendiri Honda
      191. TIP & TRIK : Perbedaan Antara Pintar Cerdas Kreatif
      192. INFORMASI : Kode Telepon wilayah di Indonesia
      193. INFORMASI : Kode Kendaraan Bermotor di Indonesia
      194. KOMPUTER : Istilah di Internet
      195. KESEHATAN : Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak
      196. INFORMASI : Kepribadian Manusia dilihat dari Status Facebook
      197. KESEHATAN : Hindari Makanan Penyebab Gemuk
      198. KESEHATAN : Cara Mengatasi Biang Keringat
      199. KESEHATAN : Cara Mengobati Gondongan
      200. INFORMASI : 100 Blog Top 2008
      201. INFORMASI : 100 Website Yang Sering Dikunjungi
      202. GADGET : Mencegah Notebook terbakar
      203. GADGET : Ada Rahasia Tersembunyi DiHP Anda
      204. GADGET : Berbagai Tehnik Photografi
      205. GADGET : Kode Rahasia Handphone
      206. GADGET : 20 Tip & Trik FACEBOOK
      207. GADGET : Android Ice Cream
      208. GADGET : Tablet PC Olive Pad 7"
      209. UNIK : Pernikahan Teraneh di DUNIA
      210. UNIK : 5 Tumbuhan Paling Berkhasiat
      211. UNIK : 5 Kekuatan Paling Extrim di DUNIA
      212. UNIK : Makanan Paling Menjijikan di DUNIA
      213. INFORMASI : Bahaya Closet Duduk Top News!!
      214. INFORMASI : Membedakan Madu Asli atau Palsu
      215. INFORMASI : Bereksperimen dengan TEH
      216. INFORMASI : Membedakan Berlian Asli dan Palsu
      217. HUMOR : Jembatan Surga dan Neraka
      218. HUMOR : Jam DiSorga
      219. INFORMASI : Makna warna dibalik tanggal lahir
      220. KESEHATAN : Tips dan Obat untuk VERTIGO Top News!!
      221. KESEHATAN : Bahaya daging Kodok
      222. KESEHATAN : Mengenali Gejala Stroke
      223. KESEHATAN : Hati hati makan kulit Apel
      224. KESEHATAN : Cara mencegah pencucian ginjal
      225. KESEHATAN : Penemuan terbaru mengenai kanker hati
      226. KESEHATAN : Kiat Diet Sukses
      227. KESEHATAN : 6 Cara Melatih Mata
      228. KESEHATAN : Olah Raga untuk Otak
      229. KESEHATAN : Melatih Otak Berpikir Cepat
      230. INFORMASI : Kisah sebotol minyak tanah
      231. INFORMASI : Beban Berat
      232. INFORMASI : Kisah 3 Buah Pohon
      233. INFORMASI : Mother
      234. INFORMASI : Aku berhenti saja
      235. INFORMASI : Eksekutif Gaji 8,8 M bangkrut
      236. INFORMASI : Menjual Keperawanan
      237. INFORMASI : Kejahatan Tissue basah
      238. INFORMASI : Klakson yang menyelamatkan
      239. INFORMASI : Kec-Kel diBatam


      Photobucket
      Suka dengan Gadget? Belum Lengkap kalau belum baca yang satu ini
      .

      Photobucket
      Kesehatan adalah harta yang paling berharga, cari tahu tentang info kesehatan disini

      Photobucket
      Nah... yang satu ini memang Unik, Langka dan Antik baca yuk!

       
      This Blog is proudly powered by Blogger.com